Review - Project SWIPE yang akan IEO di Tokenomy Launchpad

CRYPTONETLIFE 8/06/2019



Lets make it short. Swipe berfokus pada data mining yang akan diserap dari user dan data tersebut bisa dijual ke pihak yang membutuhkan seperti ads. User akan mendapatkan kompensasi berupa SWIPE token. Stakeholder yang membutuhkan data wajib membayar dengan SWIPE token.

Secara model bisnis bukan hal baru karena perusahaan seperti OVO dan Gojek (melalui Gopay) sudah melakukan data mining dengan kompensasi berbagai cashback yang kita dapatkan. Data tersebut mereka olah dan gunakan untuk meluncurkan produk dan program baru.

SWIPE butuh waktu untuk membangun user base supaya memiliki "nilai jual" agar pembeli data bisa tertarik dan membeli data dari SWIPE. Hal yang tidak mudah karna lawan SWIPE adalah startup dengan dana sangat besar seperti Gojek dan Ovo tadi. Sehingga demand SWIPE token baru akan terbentuk setelah minimal 1-2 tahun. Kita sudah tau bagaimana nasib project Indonesia dengan demand minim, bisa cek di market.

Secara token metric SWIPE cenderung sangat tertutup, sebagai contoh tidak ada bukti mereka sudah raised $480k di Tokocrypto. Saya melihat ada potensi manipulasi untuk membangun fomo saat IEO. Kedua, penjualan SWIPE token di Tokenomy sudah mencapai softcap dalam beberapa menit pertama namun setelah itu tidak banyak transaksi sampai saat ini. Saya melihat potensi SWIPE token dibeli oleh pihak internal agar project bisa jalan karna sudah mencapai softcap. Sedikit memaksa. 

Hal terakhir, SWIPE klaim didukung oleh beberapa Venture Capital dan pasti VC tersebut mendapat harga lebih murah daripada IEO di Tokenomy dan TokoCrypto. Namun tidak ada informasi terkait lockup ke token yang dibeli VC tersebut. Hal ini sangat krusial karena jika full unlock sebelum listing maka akan berbahaya bagi investor retail yang membeli di Tokenomy/Toko Crypto.

Hasil Akhir: Do Your Own Research

Artikel Terkait

Previous
Next Post »